Cara Mengaburkan Rumah Anda di Google Street View

Google Street View menawarkan jendela ke dunia dengan segala kemegahannya.

Jendela itu kebetulan juga mengintip ke dalam rumah Anda.

Apa yang diungkapkan mungkin lebih dari yang Anda perkirakan dan bisa mengganggu privasi.

Untungnya, ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk itu.

Secara khusus, Anda dapat meminta Google untuk memburamkan rumah Anda secara permanen — hanya menyisakan kesan bangunan yang buram di tempatnya.

Seluruh proses ini sangat mudah.

Seperti namanya, Street View, diluncurkan pada tahun 2007, memberikan tampilan jalan dari banyak kota dan kota kecil di seluruh dunia.

Diambil oleh kendaraan keliling dan fotografer individu yang dilengkapi dengan ransel yang sarat kamera, layanan ini telah kontroversial sejak awal — baik dalam cara yang Anda bayangkan, dan cara yang mungkin tidak Anda bayangkan.

Pada tahun 2008, pinggiran Minnesota North Oaks memutuskan tidak ingin gambar merea di layanan Google, dan mengancam akan menggugat Google untuk masuk tanpa izin.

Google menarik gambar itu.

Pada tahun 2009, organisasi lobi Privacy International mengajukan keluhan resmi ke Kantor Komisaris Informasi (ICO) Inggris, menuduh bahwa Google gagal mengidentifikasi orang-orang yang ditangkapnya dengan benar.

Seperti yang dicatat oleh laporan BBC pada saat itu, jenis kegagalan itu bisa berakibat serius.

“Di antara mereka adalah seorang wanita yang pindah rumah untuk melarikan diri dari pasangan yang kejam tetapi yang dikenali di luar rumah barunya di Street View,” tulis artikel itu, sebagaimana dikutip Mashable, 27 Juni 2022.

“Juga mengeluh adalah dua rekan yang digambarkan dalam posisi yang tampaknya membahayakan yang menderita rasa malu ketika gambar itu beredar di tempat kerja mereka.” Jadi, mungkin Anda khawatir tentang penguntit online, mungkin Anda tidak ingin orang asing mengintip ke jendela Anda, atau mungkin Anda menghargai privasi untuk kepentingannya sendiri dan tidak berpikir Google seharusnya mengindeks dan mendigitalkan foto rumah Anda sehingga semua bisa melihat.

Apa pun alasannya, relatif mudah untuk meminta Google mengaburkan gambar rumah atau apartemen Anda di Google Street View.

Inilah yang Anda lakukan: Yang penting, pastikan hal itu yang Anda inginkan.

Google memperingatkan Anda bahwa setelah mengaburkan rumah Anda di Street View, maka hal itu menjadi permanen.

Namun, jangan lupa, Anda tinggal di tempat itu.

Jika Anda perlu diingatkan seperti apa bentuknya, mungkin Anda bisa pergi ke luar dan melihat sendiri.

Setelah Anda menekan “kirim”, Anda akan menerima email dari Google yang menyatakan bahwa perusahaan itu “meninjau gambar yang Anda laporkan dan akan mengirim email kepada Anda saat permintaan Anda diselesaikan.” Perusahaan dapat menindaklanjuti, melalui email, dan meminta Anda untuk lebih spesifik tentang area yang ingin Anda buramkan.

Jika demikian, Anda perlu melakukan seluruh proses lagi — dengan jelas merinci area tertentu dari gambar yang ingin Anda buramkan.

Tidak jelas secara pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan Google untuk memproses permintaan, jadi sebaiknya lebih cepat.

Dan, ketika Anda selesai melakukannya, lakukan hal yang sama di Bing Maps (prosesnya sangat mirip).

MASHABLE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.