Customer Behavior : Jenis dan Tahapan Pembentukannya

Customer Behavior

Perilaku konsumen atau customer behavior adalah kegiatan yang digunakan orang untuk menemukan apa yang mereka inginkan dan berhubungan langsung dengan proses mengkonsumsi barang dan jasa.
Mungkin Anda sedikit bingung dengan perilaku konsumen? Pada dasarnya, ketika konsumen ingin mengkonsumsi suatu produk atau jasa, mereka mempertimbangkan beberapa hal sekaligus, dan bahkan mungkin membandingkan produk atau jasa tersebut dengan produk pesaing.

Perilaku konsumen ini mencakup semua aspek produk atau jasa, mulai dari kemasan dan kualitas hingga harga. Secara umum, jika suatu produk dihargai lebih rendah dari pesaingnya, maka produk tersebut lebih bernilai di mata konsumen. Selain itu, konsumen mempertimbangkan kualitas produk dan banyak lagi.

Jenis Perilaku Konsumen

Customer Behavior
Mengkategorikan jenis perilaku konsumen, ada banyak daftar yang bisa disusun. Pasalnya, setiap konsumen itu unik dan berbeda. Oleh karena itu, Anda tidak dapat menggunakan perilaku konsumen tipe A untuk perilaku standar konsumen B. Namun, berbagai jenis perilaku konsumen saling terkait satu sama lain.

Karena banyak sekali jenis perilaku konsumen, maka secara umum perilaku konsumen dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

1. Perilaku konsumen rasional
Merupakan perilaku yang dilakukan konsumen dalam kegiatan pembelian suatu produk atau jasa dengan mempertimbangkan aspek-aspek tertentu seperti kondisi, kebutuhan dan keunggulan produk tersebut.
Konsumen seperti itu cenderung berpikir rasional. Mengutamakan manfaat produk dan layanan saat melakukan aktivitas perdagangan.

2. Perilaku konsumen yang irasional
Perilaku konsumen irasional adalah perilaku konsumen yang bertentangan dengan arus pemasaran. Konsumen adalah kebalikan dari perilaku konsumen rasional.
Jika perilaku konsumen yang rasional adalah untuk membeli manfaat dari suatu produk atau jasa, perilaku konsumen yang irasional tidak bergantung padanya.

Tahapan Pembentukan Perilaku Konsumen

Seperti disebutkan sebelumnya, perilaku konsumen dimulai sebelum, selama, dan setelah seseorang memutuskan untuk mengkonsumsi atau tidak dalam aktivitas perdagangan. Konsumen mengevaluasi produk atau layanan sebelum, selama, dan setelah pembelian. Nah, agar bisnis online Anda lebih efektif, Anda bisa mengetahui apa yang konsumen Anda lakukan sehingga perilaku mereka dapat dibentuk dengan :

1. Kenali masalahnya
Jumlah perilaku konsumen yang rasional cenderung lebih tinggi daripada jumlah perilaku konsumen yang tidak rasional. Berdasarkan ciri-ciri perilaku konsumen yang rasional di atas, konsumen yang rasional cenderung membeli produk atau jasa berdasarkan kebutuhannya.

Tanpa masalah utama yang mereka hadapi, konsumen tidak tahu produk atau layanan mana yang akan dibeli. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa kebutuhan konsumen Anda saat ini.

2. Temukan informasi
Setelah mengetahui apa masalah utama yang mereka hadapi, mereka (konsumen) mencari informasi sebagai solusi dari masalah mereka. Mencari informasi dapat dilakukan secara internal atau melalui diri sendiri, eksternal atau melalui orang lain.

Pada tahap ini, citra merek produk memiliki pengaruh besar pada proses pengambilan keputusan dan perilaku konsumen.

3. Cari alternatif
Konsumen sering mencari produk alternatif ketika produk atau layanan pilihan pertama mereka gagal mengatasi masalah yang mereka hadapi. Inilah peran banyak produk baru yang tidak memiliki nama besar.

Produk baru menawarkan berbagai jenis manfaat bagi konsumen untuk memenangkan pelanggan. Tetapi mereka (konsumen) lebih menyukai produk yang mereka kenal.

4. Keputusan pembelian
Pada titik ini, konsumen menjalani proses evaluasi dari semua pilihan alternatif yang tersedia. Proses ini disebut keputusan pembelian.

Tidak mungkin memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan konsumen untuk membuat keputusan. Ini tergantung pada jenis masalah yang dia miliki, kemampuan keuangannya, dll.

5. Evaluasi setelah pembelian
Tahap ini sama pentingnya dengan tahap sebelumnya. Jangan pernah berasumsi bahwa setelah konsumen memilih produk atau jasa Anda, mereka akan dengan senang hati membelinya kembali.

Demikian informasi seputar dengan customer behavior atau perilaku konsumen yang telah Anda dapatkan melalui artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *