Ini Faktor yang Mempengaruhi Daya Tarik Ikan Hias

Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri seperti warna-warna yang cemerlang, bentuk dan kelengkapan fisik, perilaku, hingga kesehatan atau stamina.

Daya tarik ini membedakan ikan hias dengan ikan konsumsi.

Darti Satyani Lesmana dan Deden Daelami dalam bukunya berjudul Super Lengkap Ikan Hias Air Tawar Populer yang diterbitkan Penebar Swadaya pada 2019 menyebutkan ada dua faktor yang mempengaruhi daya tarik ikan hias, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar.

Faktor dari Dalam 1.

Jenis dan sifat ikan atau faktor genetik Masing-masing jenis ikan mempunyai daya tarik sendiri sesuai dengan karakter atau sifatnya.

Karakter atau sifat ini antara lain ditentukan oleh faktor genetik yang berada dalam kromosom dan merupakan faktor yang diturunkan.

2.

Jenis Kelamin Daya tarik ikan hias tertentu, terutama warnanya, sering berbeda antara jantan dan betina.

Kebanyakan bentuk dan warna ikan jantan lebih bagus dan menarik dibandingkan ikan betina sehingga harga jualnya pun akan lebih tinggi.

Misalnya yang terjadi pada ikan guppy dan cupang.

3.

Umur Ikan yang masih muda biasanya belum terlihat daya tariknya.

Tetapi, semakin besar atau dewasa ikan tersebut, maka bentuk dan warnanya semakin dapat dinikmati karena bentuk badan, sirip, dan warnanya sudah matang dan terlihat cerah atau jelas.

Faktor dari Luar 1.

Lingkungan tempat pemeliharaan Faktor lingkungan tempat pemeliharaan, seperti air dan substrat juga akan mempengaruhi daya tarik ikan.

Air yang keruh bisa menyebabkan kecantikan dan keelokan ikan hias tidak dapat dinikmati.

Air yang keruh bahkan dapat membuat warna ikan memudar dan buram.

Selain itu, substrat ikan hias seperti tanaman air batu-batuan, dan tempat sembunyi juga sangat penting untuk ikan hias.

Substrat akan membuat ikan hias nyaman di tempat pemeliharaan.

2.

Pakan Pakan berhubungan dengan pertumbuhan dan kesehatan maupun stamina ikan.

Kecukupan akan pakan, baik dalam jumlah maupun kandungan gizinya, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan stamina ikan hias.

Berkaitan dengan pemberian pakan, hal yang terpenting adalah kecukupan dalam gizi sehingga sebaiknya pakan diberikan secara bervariasi.

Pemberian suplemen bahan-bahan tertentu dalam pakan dengan tujuan memperbaiki penampilan, terutama warna, tentu akan menaikkan nilai ekonomi dan daya tarik ikan hias.

NAUFAL RIDHWAN ALY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.