Tren Desain Rumah 2024 Hunian Populer, Berapa Budgetnya?

Bank Digital

Tahun 2024 baru bergulir dan salah satu perbincangan hangat seputar properti yang setiap tahunnya muncul adalah tren desain rumah. Pasalnya, setiap tahunnya desain rumah memiliki tren tersendiri, mulai dari desain, warna, material, hingga fungsi. Tren ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti teknologi, lingkungan, budaya, dan ekonomi.

Tentunya ini menjadi topik menarik bagi calon maupun pemilik yang ingin memperbarui hunian mereka. Terlebih lagi desain rumah sebaiknya selaras dengan perkembangan zaman agar tetap aman dan nyaman ketika dihuni.

Tren Design Rumah 2024 yang Bakal Populer, Yuk Intip Budgetnya!

Bagi kamu yang sedang ingin membangun rumah atau memperbarui nuansa hunian, penting untuk mengetahui trend desain rumah 2024. Simak apa saja tren desain rumah tahun 2024 yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Rumah Ramah Lingkungan

Kini banyak orang semakin menyadari pentingnya menjaga lingkungan karena berkaitan erat dengan keberlangsungan semua makhluk hidup. Itulah mengapa di tahun 2024 ini, tren desain rumah yang tengah naik daun adalah rumah dengan konsep ramah lingkungan.

Tren rumah ramah lingkungan memiliki ciri-ciri seperti efisiensi energi, penggunaan material tahan lama dan didaur ulang, serta adanya ruang terbuka hijau yang berguna untuk menanam sayuran atau buah-buahan sendiri. Kemudian, eco-house juga biasanya menggunakan energi alternatif, seperti panel surya, sehingga lebih hemat energi.

Biaya pembangunan rumah ini bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, material yang dipakai, maupun teknologi energi alternatif yang digunakan, sehingga estimasinya adalah mulai dari Rp500 juta hingga Rp1 miliar atau lebih. Meskipun biaya awalnya lebih tinggi daripada rumah konvensional, rumah ramah lingkungan dapat menghasilkan penghematan jangka panjang melalui efisiensi energi dan pemeliharaan.

2. Smart Home

Rumah dengan konsep smart home adalah rumah modern yang menggunakan teknologi untuk mempermudah kegiatan penghuninya. Rumah ini dilengkapi dengan perangkat canggih yang terhubung ke internet secara otomatis, seperti lampu, kamera CCTV, alarm, termostat, speaker pintar, dan asisten virtual.

Selain memberikan kemudahan, smart home juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan penghuni. Biaya minimal untuk memiliki sistem smart home dapat dimulai dengan membeli perangkatnya, dengan harga berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Namun, biaya ini dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan pilihan perangkat smart home yang dipilih.

3. Desain Minimalis

Rumah minimalis adalah pilihan desain rumah yang tak pernah ketinggalan zaman. Pasalnya, desain rumah ini menekankan kesederhanaan, fungsionalitas, dan efisiensi ruang. Biasanya rumah dengan desain minimalis menggunakan warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam, menciptakan kesan praktis, elegan, dan modern.

Biaya pembangunan rumah minimalis bervariasi tergantung pada luas bangunan. Untuk rumah 100 meter persegi, biayanya sekitar Rp 350 hingga Rp 400 juta. Namun, biaya bisa lebih tinggi tergantung pada faktor seperti kesepakatan harga dengan kontraktor, jenis material, perizinan, dan distribusi.

4. Rumah Industrial

bunga bank digital

Rumah desain industrial mencerminkan kesan yang belum selesai, mirip era revolusi industri, yakni dengan adanya eksposur pipa, kabel, dan instalasi yang tetap terlihat elegan. Ciri khas lainnya adalah penggunaan material kayu dan besi mendominasi sehingga menciptakan tampilan yang unik.

Biaya pembangunan rumah ini bervariasi tergantung pada luas bangunan dan kompleksitas desain. Sebagai contoh, biaya untuk rumah 100 m² berkisar antara Rp 300 juta hingga Rp 400 juta. Namun, biaya dapat berubah tergantung pada faktor-faktor seperti kompleksitas desain, ornamen, perabotan, tenaga kerja, dan luas bangunan.

5. Design Subway Tile Klasik

Rumah dengan desain subway tile klasik mengusung konsep yang menampilkan keindahan dan keanggunan tile bergaya subway yang terinspirasi dari kereta bawah tanah di New York. Desain ini memberikan kesan bersih, sederhana, dan elegan dengan pola tile yang teratur dan simpel.

Biaya pembuatan rumah dengan desain subway tile klasik dapat bervariasi tergantung pada ukuran rumah, material tile yang digunakan, dan biaya tenaga kerja. Namun, perkiraan biayanya untuk rumah dengan luas bangunan 100 meter persegi adalah sekitar Rp 300 juta hingga Rp 400 juta.

6. Fractal Design

Menurut Desainer Interior Debbe Daley, pada tahun 2024 akan banyak desain fraktal pada berbagai furniture, seperti meja, kabinet, penerangan, dan hiasan kuno. Fraktal adalah bentuk geometris yang jika diperbesar akan menampilkan bagian-bagian kecil yang menyusun bentuk geometris tertentu sebagai keseluruhan. 

Biaya pembuatan rumah dengan desain fractal dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas desain, ukuran rumah, dan material yang digunakan. Secara umum, biaya untuk membangun rumah dengan desain fractal akan lebih tinggi daripada rumah dengan desain konvensional, dengan perkiraan biaya mulai dari Rp 500 juta hingga lebih dari Rp 1 miliar.

7. Desain Bohemian

Rumah dengan desain bohemian menampilkan gaya yang bebas, berani, dan berwarna-warni. Desain ini tidak terikat oleh aturan tertentu dalam dekorasi, sering kali menggunakan furnitur dari berbagai budaya seperti karpet Persia, bantal Maroko, dan lampu Turki. Motif etnik, flora, fauna, atau geometris juga sering digunakan dalam tekstil atau dindingnya.

Biaya pembuatan rumah dengan desain bohemian dapat bervariasi tergantung pada ukuran rumah, kualitas material, dan kompleksitas desain. Secara umum, biaya tersebut dapat mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah, tergantung pada spesifikasi yang diinginkan.

Itulah beberapa tren desain rumah 2024 yang tengah populer serta budget yang perlu kamu persiapkan. Jika kamu menginginkan tren desain rumah yang sedang populer tersebut, kamu bisa mulai menabung di bank digital, seperti digibank by DBS.

Dengan menabung di digibank by DBS, kamu dapat dengan mudah merencanakan keuangan dalam 20 Dompet Maxi. Tak hanya itu saja, keuntungan lain dari Dompet Maxi ini adalah bunga bank digital juga lebih tinggi daripada tabungan biasa sehingga kamu semakin dekat dengan impian mengubah suasana hunian dengan trend terbaru yang bisa disesuaikan dengan budget. 

Kamu juga bisa memanfaatkan digibank KTA untuk keperluan renovasi rumah dan jadikan hunian menjadi lebih bergaya dan nyaman. Proses approvalnya hanya 60 detik dan limitnya hingga 200 juta. Nah, kamu bisa memanfaatkan digibank KTA tersebut untuk renovasi interior sekaligus keperluan lainnya.

Manfaatkan juga digibank CC dengan pilihan cicilan 0% hingga 24 bulan yang mana cara pembayarannya bisa disesuaikan dengan budget kamu. Dapatkan semua keuntungannya dengan menabung di bank digital Aplikasi digibank by DBS. Yuk kepoin produk unggulannya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *